Posted by: grahita | February 18, 2010

Perbedaan Psikologis antara Anjing dan Kucing

Anda mungkin sudah sangat hafal dengan tokoh kartun Tom and Jerry. Tom mewakili spesies kucing dan Jerry mewakili spesies  tikus.

Sejak jaman dulu masyarakat sudah dipertontonkan beberapa kebiasaan hidup binatang dalam ranah sandiwara, seakan seperti halnya prilaku manusia,baik dalam bersosialisasi,dalam bersaing dan tentu dalam hal mempertahankan hidup mereka. Dalam artikel ini akan dibahas tentang sisi kejiwaan yang relative berbeda antara anjing dan kucing dalam hidupnya.

Associated Press-Petside pernah melakukan sensus berkaitan dengan seberapa banyak perbandingan antara penggemar anjing dan penggemar kucing. Sampel mereka meliputi masyarakat di lima benua, dan hasilnya dari seluruh jumlah sample  74% diantaranya mengaku lebih suka anjing dari pada kucing. 26% mengaku lebih suka kucing daripada anjing., dan 16% mengaku suka ke duanya.  Kelompok servey juga mencoba menggali sisi psikologis antara kucing dengan anjing. Secara psikologis kucing tidak terlalu pandai bersosialisasi dibandingkan dengan anjing. Kucing cenderung tidak tahan bermain dengan waktu yang lama, sementara anjing sangat tahan dan menikmati permainan yang bernuansa persahabatan.

Tentu saja pola prilaku kucing berbeda dengan pola prilaku anjing ketika mereka berhubungan dengan manusia. Hal ini mencerminkan bahwa perilaku spesies berawal dari pola prilaku  warisan spesies nenek moyang mereka sebelum menjadi spesies domestik. Di alam liar, kucing adalah pemburu dan lebih aktif pada malam hari. Sebaliknya, anjing liar bergaul dalam kelompok dan lebih aktif antara fajar dan senja hari.  Secara psikologis anjing piaraan lebih mempertahankan kebutuhan  interaksi sosial  dengan manusia (pemelihara).

Anjing akan selalu berusaha berinteraksi dengan manusia sepanjang waktu hidupnya. Kucing, di sisi lain, lebih berorientasi pada makanan daripada membangun interaksi sosial. Kucing sering juga terlibat dalam interaksi sosial atau bermain dengan orang-orang, tetapi minat mereka terbatas. (A01)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: